ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN FIKIH KELAS 4 (Tema: Sifat-Sifat Wudhu dan Cara Melaksanakan Wudhu)

 ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN FIKIH KELAS 4

 

 

Tema: Sifat-Sifat Wudhu dan Cara Melaksanakan Wudhu

 

A. Tujuan Pembelajaran:

1. Pengetahuan (Kognitif):

Ø Siswa dapat menjelaskan pengertian wudhu dan tujuan wudhu dalam agama Islam.

Ø Siswa dapat menyebutkan urutan langkah-langkah wudhu yang benar berdasarkan ajaran Islam.

 

2. Keterampilan (Psikomotorik):

 

Ø Siswa dapat mempraktikkan cara berwudhu dengan benar sesuai dengan tata cara yang telah diajarkan.

Ø Siswa dapat menunjukkan urutan wudhu dengan lancar dan benar di depan kelas.

 

3. Sikap (Afektif):

 

Ø Siswa dapat menunjukkan sikap disiplin dan teliti dalam melaksanakan wudhu.

Ø Siswa dapat menghargai pentingnya kebersihan dalam ibadah sehari-hari.

 

B. Alur Pembelajaran:

 

1. Pendahuluan (10 menit):

 

Ø Guru membuka pembelajaran dengan bertanya kepada siswa tentang pentingnya kebersihan dalam Islam dan kapan wudhu diperlukan.

Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan pentingnya memahami tata cara wudhu.

 

2. Inti (25 menit):

 

Ø Guru menjelaskan pengertian wudhu dan tujuannya dalam Islam.

Ø Guru memperagakan langkah-langkah wudhu yang benar di depan kelas.

Ø Siswa diminta untuk mempraktikkan wudhu secara berkelompok di tempat yang telah disediakan.

Ø Guru memberikan bimbingan dan koreksi bila ada siswa yang masih belum benar melaksanakan langkah wudhu.

 

3. Penutup (10 menit):

Ø Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti.

Ø Guru mengingatkan kembali tentang pentingnya menjaga kebersihan diri sebelum melaksanakan ibadah.

Ø Siswa diminta untuk menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini.

Dengan alur pembelajaran ini, siswa tidak hanya memahami teori tetapi juga dapat mempraktikkannya, dan diharapkan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Komentar

Popular Gurur Garsel Berbagi