LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) Fikih Kelas IV (Tema: Ibadah dan Kehidupan Sehari-hari)
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Mata Pelajaran: Fikih
Kelas: IV
Tema: Ibadah dan Kehidupan Sehari-hari
Topik: Wudhu dan Shalat
Tujuan Pembelajaran:
Ø Menjelaskan langkah-langkah berwudhu dengan benar.
Ø Menyebutkan rukun shalat.
Ø Menghitung dan memahami bilangan rakaat dalam shalat fardhu.
Petunjuk Pengisian LKPD:
Ø Bacalah pertanyaan dan instruksi dengan teliti.
Ø Kerjakan soal dengan baik dan benar.
Ø Tulis jawaban pada tempat yang disediakan.
A. Tugas 1: Langkah-langkah Wudhu
Tuliskan langkah-langkah berwudhu yang benar, sesuai urutan berikut:
Membaca Bismillah sebelum memulai.
Cuci tangan hingga pergelangan tangan (tiga kali).
Cuci mulut (tiga kali).
Cuci hidung (tiga kali).
Cuci wajah (tiga kali).
Cuci tangan hingga siku (tiga kali).
Usap kepala.
Cuci kaki hingga mata kaki (tiga kali).
Pertanyaan:
Apa yang harus dilakukan jika ada bagian tubuh yang tidak bisa dibasuh karena tertutup? (Misalnya, kaki terluka dan dibalut)
B. Tugas 2: Rukun Shalat
Tuliskan rukun-rukun shalat yang wajib dilakukan dalam setiap shalat fardhu. Sebutkan lima rukun shalat yang pertama:
Niat dalam hati.
Berdiri tegak (bagi yang mampu).
Takbiratul Ihram (mengucap "Allahu Akbar").
Membaca Al-Fatihah dalam setiap rakaat.
Ruku’ dengan posisi tubuh yang benar.
Pertanyaan:
Apa yang terjadi jika salah satu rukun shalat ditinggalkan?
C. Tugas 3: Mengenal Shalat Fardhu
Shalat fardhu terdiri dari lima waktu. Tulis waktu-waktu shalat fardhu beserta jumlah rakaatnya:
Subuh: 2 rakaat
Dzuhur: 4 rakaat
Ashar: 4 rakaat
Maghrib: 3 rakaat
Isya: 4 rakaat
Pertanyaan:
Mengapa jumlah rakaat dalam shalat Maghrib hanya 3 rakaat?
D. Aktivitas:
Berlatihlah dengan teman untuk melakukan wudhu secara bergantian, lalu shalat bersama-sama. Perhatikan urutan dan tata cara yang benar dalam berwudhu dan shalat.
E. Refleksi Pembelajaran:
1. Apa yang kamu rasakan setelah melakukan wudhu dan shalat dengan baik?
2. Mengapa kita harus menjaga wudhu dan shalat kita dengan benar?
F. Penilaian:
Kesesuaian jawaban dengan langkah-langkah yang benar.
Kemampuan menjawab pertanyaan dengan tepat.
Partisipasi dalam aktivitas kelompok.
Komentar
Posting Komentar