Modul Ajar Qurdis Kelas 5
Modul Ajar Qurdis Kelas 5
I. Identitas Modul
· Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam
· Kelas: 5
· Topik: Qurdis (Pembacaan dan Pengertian Ayat-ayat Al-Qur'an)
· Waktu: 2 jam pelajaran
II. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:
1. Menyebutkan dan membaca ayat-ayat Al-Qur'an dengan baik dan benar.
2. Memahami arti atau tafsir dari ayat-ayat tertentu yang dibaca.
3. Menerapkan pemahaman ayat-ayat Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.
III. Materi Pembelajaran
Pengertian Qurdis: Qurdis adalah proses pembacaan dan pemahaman terhadap ayat-ayat Al-Qur'an. Dalam konteks ini, siswa akan diajarkan cara membaca dengan tartil serta memahami makna dari ayat yang dibaca.
Metode Pembacaan:
1. Membaca dengan tartil (teratur, jelas, dan mengikuti kaidah tajwid).
2. Mendengarkan dan menirukan cara pembacaan ayat yang benar.
Contoh Ayat untuk Pembelajaran:
o Surat Al-Fatihah (1:1-7)
o Surat Al-Baqarah (2:255) – Ayat Kursi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
o Menyapa siswa dan memotivasi mereka untuk belajar membaca dan memahami Al-Qur'an.
o Menyampaikan tujuan pembelajaran.
o Mengingatkan tentang pentingnya Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti (60 menit)
Pembacaan Ayat Al-Qur'an:
1. Guru akan memimpin membaca Al-Qur'an dengan tartil.
2. Siswa diminta untuk mengikuti bacaan guru.
3. Guru menjelaskan tajwid dari setiap huruf atau kata yang ada.
Pemahaman Ayat:
1. Guru memberikan tafsir singkat atau penjelasan tentang ayat yang telah dibaca.
2. Siswa diskusi tentang apa pesan moral yang bisa dipetik dari ayat tersebut.
Praktik:
1. Siswa membaca secara bergiliran.
2. Guru memberikan umpan balik terkait cara membaca dan pengucapan.
Penutup (15 menit)
o Siswa merefleksikan materi yang telah dipelajari.
o Mengingatkan siswa untuk terus berlatih membaca Al-Qur'an dengan tartil di rumah.
o Guru memberi tugas rumah untuk menghafal dan memahami ayat yang telah dipelajari.
V. Alat dan Sumber Pembelajaran
· Al-Qur'an
· Audio atau video bacaan Al-Qur'an dari qari yang terkenal (untuk referensi bacaan yang benar).
· Buku tafsir atau penjelasan tentang ayat yang dibaca.
VI. Penilaian
1. Penilaian Kognitif: Tes pemahaman ayat-ayat yang telah dibaca.
2. Penilaian Afektif: Mengamati sikap siswa dalam membaca Al-Qur'an dengan tartil dan memahami maknanya.
3. Penilaian Psikomotorik: Mengamati kemampuan siswa dalam mempraktikkan bacaan yang benar.
Komentar
Posting Komentar