Modul Ajar Qurdis Kelas 5

Modul Ajar Qurdis Kelas 5

I. Identitas Modul

· Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam

· Kelas: 5

· Topik: Qurdis (Pembacaan dan Pengertian Ayat-ayat Al-Qur'an)

· Waktu: 2 jam pelajaran

II. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

1. Menyebutkan dan membaca ayat-ayat Al-Qur'an dengan baik dan benar.

2. Memahami arti atau tafsir dari ayat-ayat tertentu yang dibaca.

3. Menerapkan pemahaman ayat-ayat Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

III. Materi Pembelajaran

Pengertian Qurdis: Qurdis adalah proses pembacaan dan pemahaman terhadap ayat-ayat Al-Qur'an. Dalam konteks ini, siswa akan diajarkan cara membaca dengan tartil serta memahami makna dari ayat yang dibaca.

Metode Pembacaan:

1. Membaca dengan tartil (teratur, jelas, dan mengikuti kaidah tajwid).

2. Mendengarkan dan menirukan cara pembacaan ayat yang benar.

Contoh Ayat untuk Pembelajaran:

Surat Al-Fatihah (1:1-7)

Surat Al-Baqarah (2:255) – Ayat Kursi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan (15 menit)

Menyapa siswa dan memotivasi mereka untuk belajar membaca dan memahami Al-Qur'an.

Menyampaikan tujuan pembelajaran.

Mengingatkan tentang pentingnya Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Inti (60 menit)

Pembacaan Ayat Al-Qur'an:

1. Guru akan memimpin membaca Al-Qur'an dengan tartil.

2. Siswa diminta untuk mengikuti bacaan guru.

3. Guru menjelaskan tajwid dari setiap huruf atau kata yang ada.

Pemahaman Ayat:

1. Guru memberikan tafsir singkat atau penjelasan tentang ayat yang telah dibaca.

2. Siswa diskusi tentang apa pesan moral yang bisa dipetik dari ayat tersebut.

Praktik:

1. Siswa membaca secara bergiliran.

2. Guru memberikan umpan balik terkait cara membaca dan pengucapan.

Penutup (15 menit)

Siswa merefleksikan materi yang telah dipelajari.

Mengingatkan siswa untuk terus berlatih membaca Al-Qur'an dengan tartil di rumah.

Guru memberi tugas rumah untuk menghafal dan memahami ayat yang telah dipelajari.

V. Alat dan Sumber Pembelajaran

· Al-Qur'an

· Audio atau video bacaan Al-Qur'an dari qari yang terkenal (untuk referensi bacaan yang benar).

· Buku tafsir atau penjelasan tentang ayat yang dibaca.

VI. Penilaian

1. Penilaian Kognitif: Tes pemahaman ayat-ayat yang telah dibaca.

2. Penilaian Afektif: Mengamati sikap siswa dalam membaca Al-Qur'an dengan tartil dan memahami maknanya.

3. Penilaian Psikomotorik: Mengamati kemampuan siswa dalam mempraktikkan bacaan yang benar.

Komentar

Popular Gurur Garsel Berbagi